Sejak konsep Nilai Koservasi Tinggi (NKT) diperkenalkan pada 1990-an, sudah cukup banyak kawasan NKT yang diidentifikasi dan diperkirakan saat ini sudah mencapai lebih dari 1 juta hektar. Ini khususnya untuk NKT yang berada di kawasan produksi, baik di kawasan konsesi HTI maupun di kawasan perkebunan kelapa sawit. Meski berada di tengah kawasan produksi, areal NKT ternyata mampu memberikan sumbangan berarti dalam menyelamatkan dan memelihara nilai konservasi tinggi.

NKT perlu diidentifikasi dan dikelola bagi keberlanjutan di masa depan.  Bentuk pengelolaan kawasan bisa berupa pengamanan kawasan, penetapan kawasan sebagai protected area atau kawasan tersebut dikelola sebagai tempat pemulihan atas sumber daya yang telah atau hampir punah, sehingga tetap dapat harmonis dengan unit usaha yang ada. Dengan demikian, NKT diharapkan dapat berperan dalam memperkuat keberlanjutan (strengthening sustainability) tanpa mengesampingkan kepentingan pembangunan ekonomi.

Penetapan dan pemeliharaan NKT bukan lagi merupakan sesuatu yang bersifat green campaign atau “kampanye hijau” bagi para pengelola kawasan produksi, melainkan sungguh merupakan investasi bagi keberlanjutan kawasan yang sekaligus memastikan keberlanjutan usaha di masa depan.

Itulah mengapa RUA ke-2 Jaringan NKT Indonesia kali ini mengusung motto “NKT Memperkuat Keberlanjutan”. NKT dalam pengelolaan hutan dan sumber daya alam lainnya memang telah memberikan ruang yang melegakan dalam konteks pelestarian dan pengelolaan kawasan sekaligus dalam tataran bentang alam. Dengan menyebarluaskan konsep NKT, khususnya kepada masyarakat, lembaga pemerintah, maupun sektor swasta, baik yang bersentuhan langsung dengan penerapan di lapangan maupun yang berada dalam tataran kebijakan maupun pengambil keputusan, diharapkan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam tetap akan dapat berlangsung dengan memperhatikan sisi keberlanjutan bagi kepentingan generasi yang akan datang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai RUA ke-2 JNKTI silakan hubungi:

Sekretariat JNKTI:

Sutji R. Shinto
Email: ucishinto@gmail.com
Hp: 0813 8698 1233

Irene Koesoetjahjo
Email: irene.widhardin@ymail.com
Hp: 0813 9905 3778

© 2015 HCV | Network Indonesia.
Top
Follow us:                        

Facebook